MONEV DESA DI KECAMATAN SAGULING

(SAGULING-KBB), simaknews.id – Kasi PMD Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat, HM. Ali Kurniawan, selaku Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kecamatan Saguling mengungkapkan ada dua season yang disampaikan pada kegiatan Monev di Kantor Desa Giri Mukti Kecamatan Saguling, Rabu 9/11/2022 .

Pertama, pembinaan aparatur desa yang mencakup kinerja dan disiplin kerja aparatur dalam melayani masyarakat. Dimana dalam pelayanan masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri, harus ada sinkronisasi dan harus sinergis dengan pihak kecamatan, pemprov dan pemkab hingga pusat.

Kedua, sebagai bagian dari ASN dan abdi negara, aparatur pemerintah desa dipimpin oleh kepala desa melaksanakan apel pagi yang merupakan bagian dari disiplin pegawai sebagai abdi negara.

Lanjutnya, pada monev ini materi pertama yang disampaikan adalah peningkatan kapasitas, mencakup disiplin pegawai, pertama mempersiapkan personil yang siap bekerja baru membuka buku perencanaan, dengan perencanaan yang disepakati seperti apa.

Selain itu adalah pembiayaan, bagaimana setiap pembiayaan yang telah direncanakan, apakah sudah bisa direalisasikan, baru pada pelaksanaan, apakah sudah sesuai dengan indikator yang tentukan. Dan yang terakhir adalah dokumentasi, pelaporannya seperti apa.

“Kami mempunyai tiga fungsi, fungsi yang pertama sebagai pembina desa, fungsi kedua sebagai pendamping yang senantiasa berkolaborasi dan fungsi ketiga yakni sebagai pemeriksa”, ujar Kasi PMD yang juga akrab dipanggil Ust. Ali ini didampingi oleh Pendamping Desa, Rizal.

Monev di Kecamatan Saguling ini dilakukan per triwulan yang mencakup enam desa yang ada di Kecamatan Saguling, yakni Desa Cikande, Desa Bojong Haleuang, Desa Giri Mukti, Desa Cipangeran, Desa Jati dan Desa Saguling, yang pelaksanaannya dilakukan dua tempat dalam sehari.

Kepala Desa Giri Mukti, Isak, mengungkapkan bahwa kegiatan monev ini juga sekaligus sebagai pembinaan dari pemerintah kecamatan, yang utamanya melihat langsung bagaimana tata cara dan tata kelola administrasi pemerintah desa dalam penyusunan anggaran dan pembuatan laporannya.

Isak menyambut baik kegiatan rutin ini sebagai ajang pembelajaran dan disiplin kerja serta kinerja aparat desa sebagai bagian dari abdi negara dan ASN. *//sn.tri

Penulis: triEditor: tri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *