hut_cmi_2025

Home

  • Pemda Kota Cimahi Tingkatkan Penyebaran Informasi dengan Mengoptimalkan Media Sosial

    Pemda Kota  Cimahi Tingkatkan Penyebaran Informasi dengan Mengoptimalkan Media Sosial

    CIMAHI, Simaknews.id –  Kemajuan bidang teknologi informasi pasca pandemi Covid-19 menyebabkan pergeseran budaya sehingga menjadikan masyarakat lebih dekat dengan dunia digital. Penyebaran informasi melalui dunia digital menjadi lebih cepat seiring dengan meningkatnya pengguna internet dan media sosial. Media sosial kini menjadi salah satu sumber informasi yang digunakan oleh khalayak. Pemerintah baik pusat ataupun daerah harus beradaptasi dan memanfaatkan teknologi informasi dengan baik agar masyarakat mendapatkan sumber berita yang akurat dan terpercaya. Pengelolaan media sosial yang baik dan efektif akan membuat informasi yang disampaikan dapat dicerna dengan mudah oleh khalayak luas.

    Pemerintah Daerah Kota Cimahi Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Cimahi, berupaya meningkatkan penyebaran informasi dan komunikasi pada masyarakat dengan mengoptimalkan media sosial Pemkot Cimahi. Rapat Koordinasi Kehumasan Penguatan Pengelolaan Media Sosial digelar untuk meningkatkan literasi dan pemahaman mengenai pengelolaan media sosial di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi dengan tujuan untuk menyamakan persepsi sekaligus mengoptimalkan pengelolaan media sosial Pemkot Cimahi serta perangkat daerah yang ada agar menjadi corong komunikasi pemerintah daerah pada masyarakat.

    Kegiatan yang dihadiri oleh Person in Charge (PIC) media sosial perangkat daerah, kecamatan, kelurahan serta puskesmas se Kota Cimahi ini digelar di Aula Gedung B Kantor Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Kamis (22/02). Dalam kesempatan ini Kepala Bidang Informasi, Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS) Hendi Purwanda menyampaikan harapan dari pemimpin daerah agar media sosial Pemkot Cimahi dapat berperan sebagai sumber penyebaran informasi pembangunan Kota Cimahi.

    “Saat ini media sosial menjadi salah satu sarana komunikasi Pemerintah Daerah Kota Cimahi pada masyarakat,” ungkapnya. Hendi menyebut jumlah followers media sosial Pemkot Cimahi yang cukup besar harus dioptimalisasi pengelolaannya sehingga media sosial Pemkot Cimahi dapat hadir sebagai sumber informasi masyarakat yang akurat, tepat dan dapat dipercaya.

    Hal tersebut sejalan dengan amanat Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi yang menginginkan akselerasi dalam hal penyampaian informasi dan komunikasi pada masyarakat Kota Cimahi.

    “Pengelolaan media sosial pemerintah harus disertai dengan peningkatan kemampuan literasi dan edukasi bagi para pengelola ataupun penggiat media sosial di setiap perangkat daerah,” tutur Dicky.

    Ia pun optimis dengan dilakukannya peningkatan kapasitas dalam pengelolaan media sosial pemerintah maka tata kelola konten media sosial di Pemerintah Daerah Kota Cimahi dapat lebih baik dan lebih optimal, “Saya optimis pengelolaan media sosial Pemkot Cimahi akan menjadi lebih baik serta dapat menjadi sumber referensi publik yang berkualitas, akurat, terbarukan dan dapat dipercaya sehingga masyarakat kota cimahi dapat menerima informasi yang tepat dan cepat,” tegasnya.

    Hadir sebagai narasumber Kepala Laboratorium Grafika Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung, Anwar Sani serta Praktisi Media Sosial, Anggia Bonyta yang memaparkan materi mengenai Etika Media Sosial dan Pengelolaan Media Sosial di Instansi Pemerintahan. Dalam paparannya Anggia berbagi tips dan trik dalam pembuatan konten media sosial, mulai dari produksi konten foto atau video hingga penyusunan takarir yang menarik.

    Sementara itu Anwar Sani yang akrab dipanggil Kang Sani menjelaskan hal-hal yang dapat dilakukan pengelola media sosial untuk meningkatkan enggagement dan jangkauan akun media sosial agar dapat menjangkau lebih banyak pengguna media sosial. Menurutnya konten yang diunggah harus direncanakan dengan baik sehingga memiliki nilai informasi yang dapat menarik warganet untuk membaca atau bahkan mengikuti akun instansi pemerintah tersebut.

    Untuk menarik warganet agar mengikuti akun media sosial pemerintah, Anwar Sani sedikit membagikan tipsnya, “Pertama bangun trust dengan warganet, tampilkan visual yang baik dan menarik, cepat merespon komentar atau umpan balik dari warganet, lalu yang terpenting lakukan lah riset terkait hal yang sedang trend di masyarakat atau unggah lah konten yang memang dibutuhkan masyarakat,” tandasnya. (SN.Rent)

  • Perkuat Transformasi Digital, Wamen Nezar Patria Dukung Inisiatif APDI Gandeng Perusahaan Global

    Perkuat Transformasi Digital, Wamen Nezar Patria Dukung Inisiatif APDI Gandeng Perusahaan Global

    JAKARTA, Simaknews.idKementerian Komunikasi dan Informatika telah melatih lebih dari 1.200 orang alumni dalam Program Digital Leadership Academy (DLA). Alumni pelatihan yang ditujukan untuk membekali pemimpin dan manajer dengan keahlian digital itu tergabung dalam Asosiasi Pemimpin Digital Indonesia (APDI).

    Wamenkominfo Nezar Patria menyatakan dukungan kepada APDI yang akan memperluas jangkauan kerja sama dengan perusahaan dan lembaga global untuk mewujudkan akselerasi transformasi digital nasional.

    “Kita menyambut baik inisiatif itu dan mencoba menjajaki sejumlah kolaborasi yang mungkin dilakukan bersama dengan para stakeholders,” tuturnya saat menerima kunjungan APDI dan pemangku kepentingan di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (22/20/2024).

    Wamen Nezar Patria mengapresiasi APDI yang memiliki program lanjutan mengenai transformasi digital bekerja sama dengan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), United Nations Children’s Fund (UNICEF), dan International Telecommunication Union (ITU).

    “Jadi ini semacam program lanjutan yang diinisiasi pemimpin digital  sebagai wadah para alumni dari Program Digital Leadership Academy yang dibuat oleh Kominfo. Mereka berinisiatif untuk memperkuat transformasi digital di Indonesia dan menggandeng sejumlah stakeholders antara lain UNESCO, UNICEF dan ITU,” tuturnya.

    Kerja sama itu dilakukan dengan cara memperkuat berbagai program pelatihan talenta digital yang menjadi pilar transformasi digital, seperti digital skills, digital culture, digital ethics dan digital safety ke arah pembangunan digital economy.

    “Selain melibatkan kerja sama internasional yang luas, juga kita bekerjasama dengan kampus-kampus besar di Amerika, Eropa, Australia dan juga di Asia untuk mengirimkan talent-talent terbaik untuk belajar tentang transformasi digital,” ungkap Wamenkominfo.

    Dalam pertemuan tersebut Wamenkominfo Nezar Patria didampingi Staf Khusus Menteri Dedy Permadi dan Kepala Pusat Kelembagaan Internasional Ichwan Makmur Nasution.

    Hadir pula Direktur Kantor Regional dan Multisektoral UNESCO Maki Katsuno-Hayashikawa, UNICEF Deputy Representative Operations Feker Bayoudh, ITU Representative Kishore Yerraballa; Ketua APDI Ignasius D. Sutapa; dan Sekretaris NUNI Idris Gautama.**

  • PLN Sediakan Layanan Home Charging Bagi Konsumen Mobil Listrik Chery

    PLN Sediakan Layanan Home Charging Bagi Konsumen Mobil Listrik Chery

    JAKARTA,Simaknews.id – PT PLN (Persero) bekerja sama dengan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Chery Sales Indonesia untuk layanan home charging. Lewat kerja sama tersebut, pembelian mobil Chery akan langsung terlayani dengan layanan home charging PLN.

    Kerja sama kedua perusahaan ini dilakukan di sela-sela gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, JIEXPO Kemayoran Jakarta, Senin (19/2).

    Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, selain bekerja sama dengan Chery Sales Indonesia, upaya PLN mendorong akselerasi kendaraan listrik di Indonesia juga melalui penyediaan layanan home charging.

    ”Kami juga menyediakan  Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) maupun Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU),” paparnya.

    Dia pun berharap, kerja sama yang dilakukan bisa terus berjalan melalui berbagai cara, sehingga dengan semakin banyak manufaktur kendaraan listrik yang hadir di Indonesia, maka cita-cita Net Zero Emissions di Indonesia dapat diwujudkan.

    Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PLN, Tony Bellamy mengatakan, produk home charging merupakan produk yang dikembangkan untuk mempermudah pengguna electric vehicle (EV).

    ”Dengan home charging para pelanggan diberikan kemudahan dengan adanya infrastruktur kelistrikan untuk mengisi daya kendaraan pribadi mereka di rumah sendiri,” katanya.

    Menurutnya, saat ini PLN telah mengembangkan produk Home Charging Services, produk ini menjadi keuntungan bagi konsumen. Pasalnya, pengisian daya kendaraan listrik di rumah atau home charging pelanggan akan mendapatkan harga special.

    ”Pelanggan akan memperoleh harga special dari biaya penyambungan pasang baru atau penambahan daya serta diskon tarif Listrik,” ujar Tonny.

    Tonny menambahkan bahwa kerja sama ini juga memberikan manfaat kepada calon pembeli EV Chery. Dengan membeli kendaraan roda empat, pelanggan memiliki kesempatan untuk mengajukan pengisian daya di rumah melalui aplikasi PLN Mobile.

    ”Para calon pembeli mobil Chery tidak perlu risau, setelah pembelian kendaraan, para pengguna dapat mengajukan untuk pemasangan home charging melalui PLN Mobile. Kami dapat memastikan bahwa pemasangan home charging ini sudah terpasang sehari sebelum kendaraan tersebut tiba di rumah pelanggan,” ungkap Tonny.

    Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia, Qu Jizong mengatakan kerja sama ini merupakan bentuk nyata dari kesamaan visi dan misi antara PLN dan Chery dalam mewujudkan ekosistem EV di Indonesia.

    ”Untuk mewujudkan hal tersebut, butuh dukungan semua pihak untuk meningkatkan awareness masyarakat terkait pentingnya perubahan penggunaan moda transportasi ke kendaraan yang ramah lingkungan, salah satunya adalah EV,” ungkapnya.

    Qu Jizong juga menambahkan bahwa melalui kerja sama ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam pemanfaatan insentif dari pemerintah.

    ”Konsumen mobil listrik belum sepenuhnya memanfaatkan insentif yang diberikan oleh pemerintah. Dari kolaborasi ini Chery bersama PLN bukan saja tentang bisnis, tetapi kolaborasi pada edukasi bagi masyarakat umum,” pungkasnya.

    Hingga saat ini, Chery menjadi ATPM EV roda empat yang ke-8 yang telah menjalin kerja sama dengan PLN. PLN akan terus berkolaborasi dengan banyak mitra untuk memacu pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

    Sementara itu, Susiana Mutia General Manager PLN UID Jawa Barat menyampaikan bahwa PLN Jawa Barat Optimis layanan home charging ini akan diminati oleh pelanggan seiring banyak dan bervariasinya jenis kendaraan listrik yang bisa menjadi pilihan. (as)

  • Resmikan 27 Ruas Jalan, Presiden Harap Konektivitas Antardaerah dan Antarprovinsi Makin Baik

    Resmikan 27 Ruas Jalan, Presiden Harap Konektivitas Antardaerah dan Antarprovinsi Makin Baik

    KAB.PANGKAJENE, Simaknews.id  – Presiden Joko Widodo meresmikan 27 ruas jalan yang merupakan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Sulawesi Selatan. Peresmian tersebut dipusatkan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), pada Kamis, 22 Februari 2024.

    “Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini saya resmikan 27 ruas pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Selatan,” ujar Presiden, dikutip Kamis 22 Februari 2024.

    Presiden mengatakan bahwa pada tahun 2023 pemerintah pusat telah memberikan anggaran sebesar Rp669 miliar untuk Provinsi Sulawesi Selatan. Anggaran tersebut dialokasikan untuk membangun dan memperbaiki 201 kilometer jalan di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

    “Ada 27 ruas jalan yang dibangun dan diperbaiki, hari ini telah selesai,” ungkap Presiden.

    Presiden menyebut anggaran tersebut akan terus ditingkatkan. Presiden berharap pembangunan ruas-ruas jalan tersebut akan memberikan banyak manfaat nyata bagi masyarakat sekitar.

    “Kita berharap jalan-jalan di seluruh Provinsi Sulawesi Selatan semuanya bisa halus, mulus akan memperbaiki konektivitas antardaerah dan antarprovinsi,” ucap Presiden.

    Sementara itu, Indriyani, salah seorang warga sekitar mengaku sangat bersyukur dengan pembangunan ruas jalan tersebut. Menurutnya, jalan yang tadinya rusak dan banyak menimbulkan korban jiwa kini sudah lebih baik.

    “Alhamdulillah sudah baik, sudah bersih tidak ada berlubang lagi. (Sebelumnya) parah, rusak-rusak sampai ada korban jiwa meninggal kecelakaan,” tutur Indriyani.

    Senada, Syahrir, warga lainnya turut merasakan manfaat dari keberadaan jalan tersebut. Ia pun menyampaikan apresiasi kepada pemerintahan Presiden Jokowi.

    “Saya mewakili warga setempat sangat berterima kasih atas Instruksi Presiden programnya jalanan inpres kami masyarakat disini terkhusus Pangkep itu sangat berterima kasih atas program Pak Jokowi ini. Kami sangat menikmati dan terima kasih atas 10 tahunnya Pak Jokowi,” ucap Syahrir.

    Turut mendampingi Presiden dalam peresmian tersebut adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin, serta Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau.**

  • Menteri PANRB Beberkan Skema Pemindahan ASN ke IKN

    Menteri PANRB Beberkan Skema Pemindahan ASN ke IKN

    JAKARTA, POTENSINETWORK.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menegaskan bahwa pihaknya secara intensif mempersiapkan proses pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, mulai dari sumber daya manusia (SDM) hingga tata kelola pemerintahan. Hingga Desember 2024, sebanyak kurang lebih 12 ribu pegawai yang terdiri dari jabatan pimpinan tinggi (JPT) madya, JPT pratama, jabatan administrator, jabatan fungsional, dan pelaksana dari 38 kementerian/lembaga (K/L) secara bertahap akan dipindahkan ke IKN.

    “Penentuan jumlah pegawai ASN instansi pusat yang akan dipindahkan ke IKN dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan beberapa prinsip, seperti skala prioritas peran atau tugas dan fungsi kementerian/lembaga untuk menjamin efektivitas penyelenggaraan pemerintahan di IKN,” ujar Menteri PANRB, dikutip dari laman Kementerian PANRB, Rabu (21/02/2024).

    Anas menyampaikan, terdapat beberapa tahapan dalam menentukan ASN yang akan dipindahkan ke IKN. Pertama, Kementerian PANRB telah melakukan analisis untuk menapis K/L dan unit kerja yang prioritas untuk pemindahan tahap pertama.

    “Hal tersebut untuk memastikan penyelenggaraan pemerintahan tetap dapat berjalan efektif pada masa awal pemindahan, tentunya didukung dengan digitalisasi sistem pemerintahan,” kata Anas.

    Kedua, masing-masing K/L memilah secara mandiri jabatan dan ASN yang akan dipindahkan dengan berbasis pola penapisan dari Kementerian PANRB. Menteri PANRB menekankan, sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan pegawai ASN yaitu menguasai literasi digital, memiliki kemampuan multitasking, serta mampu menerapkan nilai-nilai BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

    Terkait hunian, Menteri PANRB mengatakan bahwa pihaknya masih terus berkoordinasi dengan instansi terkait agar para ASN mendapatkan unit hunian apartemen ataupun rumah susun yang sifatnya kedinasan, dan tidak perlu membayar sewa.

    Untuk kloter pertama pemindahan pada bulan Juli 2024 mendatang, Anas mengatakan bahwa pihaknya mengusulkan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengenai kemungkinan pegawai ASN untuk diberikan insentif berupa tunjangan pionir sebagai bentuk apresiasi, mengingat pada tahap awal pemindahan IKN belum tersedia dukungan-dukungan infrastruktur dan kebutuhan pokok selengkap di Jakarta.

    “Pada dasarnya pegawai ASN siap untuk dipindahkan ke IKN. Adapun yang menjadi satu hal yang penting yang saat kita terus koordinasikan dan matangkan dengan Otorita IKN dan Kementerian PUPR [Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat] adalah ketersediaan hunian bagi ASN yang akan pindah. Selain itu, kami juga terus berkoordinasi untuk memastikan mengenai infrastruktur pendukung seperti ruang kantor, infrastruktur jaringan, dan sistem yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan peran pegawai ASN yang ada di IKN dan efektivitas komunikasi dengan kantor yang masih ada di Jakarta,” tandas Anas.

    Selain menerapkan konsep kota pintar atau smart city, tata kelola pemerintahan di IKN Nusantara juga didukung dengan green design, green building, serta green open space. Di IKN, Anas menjelaskan bahwa penerapan shared services berupa pusat pelayanan berbagi pakai yang efektif dilakukan melalui penerapan sistem kerja yang fleksibel dan kolaboratif didukung penerapan shared office, shared system, serta fasilitas pendukung kerja dan mobilitas yang memadai. Penerapan shared office, yaitu pengelolaan fasilitas gedung dan bangunan secara terpadu, dengan pemanfaatan secara bersama dengan menyediakan co-working space bagi ASN maupun tamu. (HUMAS KEMENTERIAN PANRB/UN)

     

  • Empat Pilar Perekat Persatuan Bangsa, Perbedaan Pilihan dalam Pemilu Jangan Sampai jadi Perpecahan

    Empat Pilar Perekat Persatuan Bangsa, Perbedaan Pilihan dalam Pemilu Jangan Sampai jadi Perpecahan

    CIMAHI,Simaknews.id – Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 telah usai. Banyak dinamika yang terjadi saat pelaksanaan tahapan kampanye dalam pemilu. Perbedaan pendapat dan pilihan menjadi sorotan diberbagai daerah. Hal itu menjadi suatu kewajaran bagi setiap warga negara.

    Hal itu diungkapkan Anggota MPR RI asal Partai Demokrat Agung Budi Santoso saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, di Lembah Kinayungan Kota Cimahi, Selasa (20/2).

    ”Beda pilihan merupakan hak setiap warga. Itu adalah hal biasa dalam menentukan nasib bangsa lima tahun kedepan,” ungkapnya.

    Menurut Agung, adanya perbedaan pilihan dalam setiap Pemilu atau Pemilah Kepala Daerah (Pilkada) jangan lantas ada perpecahan. Justru, perbedaan adalah suatu dinamika dalam setiap pesta demokrasi.

    ”Kita boleh berbeda dalam memilih seorang calon pemimpin, tetapi nilai nilai persatuan harus kita jaga terus agar bangsa ini tetap utuh,” ujarnya.

    Bahkan, lanjutnya, sejak dulu nenek moyang dan para pejuang bangsa mencontohkan bahwa adanya keanekaragaman suku, adat, agama dan tradisi di Indonesia menjadi sebuah modal persatuan dan kesatuan.

    ”Perbedaan itu jadi sebuah keindahan yang harus kita jaga. Karenanya, beda pilihan jangan menjadi sebuah perpecahan. Apalagi dijadikan aktivitas dalam menyebarkan berita hoaks,” bebernya.

    Dia menjelaskan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi empat pilar kebangsaan yang menjadikan negara ini tetap berdiri.

    ”Oleh karena itu, empat pilar kebangsaan ini harus kita jaga,” jelasnya.

    Pria yang kerap disapa ABS itu mengatakan, siapapun yang nantinya terpilih menjadi pemimpin dari hasil Pemilu adalah hasil pilihan warga negara Indonesia. Sehingga, kemenangannya pun akan menjadi kemenanga bagi seluruh rakyat Indonesia.

    ”kita adalah orang Indonesia, jadi kemenangannya pun adalah kemenangan Indonesia. Kemenangan kita semua,” tegasnya.

    Dikatakan Agung, Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini adalah sebuah upaya untuk mengingatkan kembali seluruh elemen bangsa agar tetap menjaga nilai-nilai persatuan dan keberagaman yang ada di negara ini.

    ”Agar tidak terjadi perpecahan, mari kita dukung siapa pun nanti yang menjadi presiden demi Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya. (as)

  • Diskominfo Kota Cimahi Targetkan Peningkatan Transformasi Digital Inovasi Pelayanan Publik

    Diskominfo Kota Cimahi Targetkan Peningkatan Transformasi Digital Inovasi Pelayanan Publik

    CIMAHI, Simaknews.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Cimahi lakukan percepatan transformasi digital inovasi pelayanan publik dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat Kota Cimahi. Hal tersebut disampaikan oleh Hendra Gunawan, Kepala Diskominfo Kota Cimahi pada Forum Perangkat Daerah Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Cimahi Tahun 2024, di The Green Forest Resort, Bandung pada Selasa (20/02).

    “Diskominfo Kota Cimahi mendorong percepatan terwujudnya smart city termasuk peningkatan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) Pemerintah Daerah Kota Cimahi agar pelayanan publik dapat terlaksana lebih efisien dan efektif,” tutur Hendra.

    Apa yang disampaikan Hendra sejalan dengan pesan dari Penjabat (Pj) Wali Kota Dicky Saromi yang mengharapkan percepatan peningkatkan pelayanan publik sekaligus transformasi sosial, ekonomi, serta transformasi tata kelola pemerintahan, “Dalam 20 tahun ke depan Kota Cimahi bercita-cita untuk menjadi Cimahi Campernik, menjadi kota penyangga ibukota Jawa Barat. Menjadi kota yang aman, dengan sumber daya manusia yang sehat dan berkarakter, ditunjang digitalisasi pelayanan dasar dan pelayanan publik serta menjaga laju pertumbuhan ekonomi,” pesannya.

    Hal tersebut juga tentunya sejalan dengan tema pembangunan Kota Cimahi tahun 2025 yakni “Perwujudan Stabilitas Perekonomian dan Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia”.

    Lebih lanjut Hendra menyampaikan Indeks Smart City Kota Cimahi pada tahun 2023 naik dari 3,48 di tahun 2022 menjadi 3,51 yang menjadikan Cimahi berada di peringkat 4 secara nasional pada kategori regular dan peringkat 2 di tingkat Provinsi. Sedangkan Indeks SPBE mencapai 4,02 (sangat baik) dengan peringkat ke-4 se-Jawa Barat dan peringkat ke-24 nasional untuk kategori kabupaten/kota/provinsi.

    Hendra juga menjelaskan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan publik, pihaknya tengah mempersiapkan sinergitas layanan-layanan publik agar lebih mudah untuk digunakan oleh masyarakat. Seluruh layanan publik akan diintegrasikan ke dalam Sistem Masuk Tunggal atau Single Sign On (SSO) berbasis smartphone agar dapat diakses dimana saja melalui gawai. Masyarakat hanya perlu menggunakan Nomor Induk Kependudukannya (NIK) untuk dapat mengakses aplikasi tersebut.

    “Hingga saat ini Pemerintah Daerah Kota Cimahi telah meluncurkan 141 inovasi pelayanan publik yang berbasis website, dan kedepannya akan disederhanakan dengan satu aplikasi berbasis smartphone, termasuk layanan kegawatdaruratan 112. Melalui layanan 112 ini masyarakat dapat melaporkan apabila ada keadaan darurat, dan untuk mengaksesnya tidak diperlukan biaya,” ungkapnya.

    Selain itu, Hendra juga menyampaikan pihaknya juga mendorong peningkatan Indeks Keamanan Informasi, percepatan penyelenggaraan statistik sektoral, peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi, dan peningkatan Indeks Keterbukaan Informasi Publik.

    Kesemuanya itu diperlukan percepatan menuju lebih baik lagi, sehingga dalam forum perangkat daerah ini perlu direncanakan agar indeks-indeks tersebut berdampak dan harus menyentuh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Daerah Kota Cimahi untuk saling berkolaborasi. Sehingga untuk mencapai itu semua, Diskominfo Kota Cimahi berupaya menjaring sebanyak mungkin saran dan masukan dari masyarakat dan stakeholder terkait. Forum Perangkat Daerah digelar guna mensinergikan prioritas pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dalam hal perumusan program, kegiatan dan sub kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah agar berdampak besar bagi masyarakat.

    Dengan diadakannya Forum Perangkat Daerah ini maka penyusunan Rencana Kerja (Renja) Diskominfo akan selaras dengan program dan kegiatan perangkat daerah kota dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang di tingkat kecamatan. Selain itu diharapkan dapat mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah kota sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah, menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah kota dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah, serta menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah.

    Adapun isu strategis Diskominfo Kota Cimahi tahun 2025 meliputi optimalisasi tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, optimalisasi implementasi keterbukaan informasi publik, peningkatan keamanan informasi, serta peningkatan kualitas statistik yang terintegrasi. Berdasarkan isu strategis tersebut, maka prioritas pembangunan Dinas Komunikasi dan Informatika tahun 2025 adalah penguatan tata kelola pemerintahan dan inovasi pelayanan publik melalui penyelenggaraan urusan komunikasi dan informatika, persandian dan statistik. (Rent)

  • Siswa SMP Negeri 1 Cimalaka Diajarkan Batik Kasumedangan

    Siswa SMP Negeri 1 Cimalaka Diajarkan Batik Kasumedangan

    CIMALAKA, Simaknews.id – SMP Negeri 1 Cimalaka mengajarkan siswanya untuk mencintai budaya dan ciri khas kearifan lokal Sumedang. Salah satu caranya dengan mengajarkan para siswa membuat batik Kasumedangan.

    Wakasek Kurikulum SMP Negeri 1 Cimalaka Dian Amilawati menuturkan, agar para siswa lebih memahami salah satu kearifan lokal Sumedang, dalam hal ini batik Kasumedangan, pihaknya mendatangkan langsung salah satu produsen batik ternama di Sumedang. Para siswa dilatih membuat batik, sekaligus dikenalkan ciri khas dari batik Kasumedangan.

    “Kegiatan ini merupakan salah satu dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tentang kearifan lokal. Dengan mengenalkan anak-anak ke budaya daerah Sumedang, salah satunya membatik Kasumedangan,” kata Dian, Jumat (17/2/2024).

    Dikatakan, kegiatan belajar membatik Kasumedangan itu diikuti oleh 362 siswa kelas VII. Saat membuat batik, para siswa didampingi langsung oleh praktisi batik dari Nafira Batik.

    “Kegiatan ini digelar sejak kemarin (Rabu, 24 Januari 2024), sampai besok (hari ini). Jadi di sini anak belajar mengetahui batik Kasumedangan, kemudian apa saja yang diperlukan untuk jadi batik Kasumedangan, kemudian bagaimana cara membuatnya,” katanya.

    Dengan mengenalkan batik Kasumedangan sejak dini, pihaknya berharap para siswa bisa mencintai produk kearifan lokal khas Sumedang. Sehingga, para siswa bisa ikut menjaga dan melestarikan kearifan lokal Sumedang.

    “Dari tujuan pembelajaran P5 kami, melestarikan batik Kasumedangan itu adalah ‘ngamumule warisan karuhun’,” tuturnya.

    Sementara itu praktisi batik dari Nafira Batik, Humaira mengatakan, pada pembelajaran tersebut pihaknya mengenalkan apa itu batik, jenis-jenis batik, serta peralatan yang digunakan untuk membuat batik. Ia menggambarkan, para siswa diajarkan membatik menggunakan canting elektrik, yang dinilai mudah digunakan bagi pemula.

    “Harapannya dengan pembelajaran ini semoga siswa lebih mengenal apa itu baik, lebih mencintai budaya Indonesia, dan tentunya kearifan lokal batik Kasumedangan,” ujarnya. [*]

  • Tahun Ini, BNN Kota Bandung Bakal Miliki Pusat Rehabilitasi

    Tahun Ini, BNN Kota Bandung Bakal Miliki Pusat Rehabilitasi

    BANDUNG, POTENSINETWORK.COM – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung bakal memiliki gedung Rehabilitasi Narkotika di Jalan Ciung Wanara, Kecamatan Coblong. Rencananya, pusat rehabilitasi ini beroperasi mulai November 2024 mendatang.

    Bangunan tersebut rencananya memiliki 7 lantai sebagai peningkatan akses layanan bagi warga Bandung.

    “Kita targetkan bulan November selesai. Ini khusus tempat kegiatan rehabilitasi. Di samping terdapat juga kantor BNN Kota Bandung akan hadir di tempat tersebut,” ungkap Kasubag Umum BNN Kota Bandung, Gilang Fajar Shadiq.

    “Ini sebagai proyek percontohan seluruh Indonesia pertama, bahwa tingkat kota memiliki layanan rehabilitasi mandiri,” tambahnya.

    Rencananya, tempat rehabilitasi tersebut membuka layanan setiap hari hingga melayani rawat inap.

    “Tiap hari buka. Karena melayani rawat inap juga. Selain itu, ada layanan konseling untuk masyarakat,” katanya.

    Menurut Gilang, BNN Kota Bandung terus meningkatkan pencegahan dan pemberdayaan masyarakat. Hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir penyebaran narkotika dan obat-obatan terlarang.

    “Pada tahun 2023 lalu, kita bekerja sama dengan lingkungan pendidikan, perkantoran, dan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba. Ini sebagai ketahana diri dan keluarga untuk menolak adanya narkoba, ” katanya.

    Ia menambahkan, tahun 2023, BNN Kota Bandung pun melaksanakan kegiatan deteksi dini melalui tes urine kepada ASN di Kota Bandung, dengan jumlah 2.446 peserta.

    “Ini sebagai salah satu dektesi di lingkup pekerjaan. Selain itu juga kami laksanakan di beberapa persyaratan swasta,” ungkapnya.

    Sebagai kegiatan tahunan, BNN Kota Bandung bakal melaksanakan Hari Anti Narkotika Internasional dengan kegiatan Hani Run.

    Hal tersebut, sebagai kegiatan informasi dan edukasi melalui peringatan tersebut dalam bentuk fun run 5K yang bertempat di Summarecon Bandung.

    “Ini mengajak masyarakat untuk memiliki gaya hidup lebih sehat tanpa narkoba,” tuturnya.

    Ia sampaikan, hal tersebut untuk tahun 2024 terus dilakukan sebagai kegiatan utama untuk di sosialisasikan kepada masyarakat.

    “Beberapa kegiatan tahun lalu, pada tahun 2024 ini kita terus lakukan,” tuturnya. **

  • Dicky Minta Satpol PP dan PK Cimahi Tingkatkan Kualitas Pelayanan

    Dicky Minta Satpol PP dan PK Cimahi Tingkatkan Kualitas Pelayanan

    CIMAHI, Simaknews.id –  Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi meminta Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat sebagai aparatur pemerintah yang berhubungan langsung masyarakat.

    “Untuk dapat memenuhi harapan masyarakat maka perlu adanya pola sikap dan pola tindak dengan 5S Salam, Sapa, Senyum, Sopan, dan Santun, yang harus dimiliki oleh Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran,” ujar Dicky pada Forum Perangkat Daerah Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi, di Alam Wisata Cimahi (AWC), pada Jumat 16 Februari 2024.

    Menurutnya pada era keterbukaan informasi saat ini, masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi serta dapat membandingkan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah.

    “Ke depannya Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran akan mengedepankan sisi-sisi preemtif dan preventif melalui mekanisme persuasif, pencegahan, penyuluhan dan mengedepankan model penyelesaian di hulu daripada di hilir, sehingga wajah Polisi Pamong Praja tidak lagi nampak garang dan yang lebih penting adalah benturan-benturan dapat dihindari serta kesadaran masyarakat terhadap peraturan semakin meningkat,” tegas Dicky.

    Lebih lanjut Dicky mengungkapkan Satpol PP – Damkar Cimahi termasuk di dalam urusan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Cimahi dalam urusan ketentraman dan ketertiban umum sehingga pola sikap dan perilaku serta kualitas sumber daya manusia harus benar-benar diperhatikan  termasuk juga sarana dan prasarana standar minimal juga harus dicukupi sehingga mampu menjalankan tugas, kewajiban, serta kewenangannya yang secara tegas telah tertuang dalam peraturan perundangundangan.

    “Apabila layanan yang diberikan tidak maksimal, maka secara real time dapat terpublikasi melalui komunikasi sosial on line,” Dicky mengingatkan.

    Dicky juga mengingatkan penempatan aparatur di Satpol PP dan Pemadam Kebakaran agar dilakukan dengan mempertimbangkan secara matang kompetensi dan latar belakang keilmuan yang dimiliki, “Harus kita pahami bahwa Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran rentan dengan gesekan kepentingan dan konflik karena kinerjanya yang harus berhubungan langsung dengan masyarakat dan tidak akan mungkin wibawa pemerintahan akan tetap terbangun apabila aparatur penegak regulasinya tidak berkompeten,” tegasnya.

    Melalui Forum Perangkat Daerah yang dihadiri oleh 184 peserta yang terdiri dari unsur Forkopimda, Perangkat Daerah Kota Cimahi, instansi terkait Kota Cimahi, unsur pendidikan Kota Cimahi, dan unsur masyarakat Kota Cimahi ini dapat terjaring berbagai masukan dari semua stakeholder sebagai bahan rancangan awal Renja tahun 2025 Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi agar kualitas layanan Satpol PP – Damkar Kota Cimahi dapat lebih baik lagi. (Rent)